Tuesday, March 22, 2016

Kehidupan di Laut

Laut merupakan habitat berbagai bentuk kehidupan hewan dan tumbuhan. Tumbuhan laut hanya dapat ditemui di tempat yang terkena sinar Matahari, baik di permukaan, di air dangkal, maupun di sepanjang pantai. Hal itu disebabkan tumbuhan laut tidak dapat hidup di tempat yang tidak terkena sinar Matahari. Berbeda halnya dengan binatang laut yang dapat dijumpai di setiap tempat, dari permukaan laut hingga laut dalam.

Secara umum seluruh kehidupan di laut dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama sebagai berikut.
a. Plankton
Plankton merupakan bentuk dasar kehidupan laut yang terdiri atas sel tumbuhan (fitoplankton) dan hewan (zooplankton). Plankton tersebut hidup mengapung di permukaan atau di dekat permukaan laut. Oleh karena itu, plankton selalu hanyut dibawa gelombang dan arus laut.

1) Fitoplankton adalah tumbuhan yang menjadi sumber makanan utama semua hewan laut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Fitoplankton memperoleh energi untuk tumbuh dari sinar Matahari serta dibantu oleh mineral-mineral laut, antara lain sulfat, fosfat, dan nitrat. Dengan demikian, fitoplankton hanya dapat ditemui di daerah yang terkena sinar Matahari. Contoh fitoplankton adalah algae dan diatome.

2) Zooplankton merupakan hewan kecil yang melayang-layang di permukaan laut atau di dekat permukaan laut. Beberapa zooplankton memiliki badan yang tembus pandang. Sebagian di antaranya memiliki badan yang bergelembung udara. Oleh karena itu, zooplankton dapat mengapung. Contoh zooplankton adalah radiolaria dan foraminifra.

b. Nekton
Nekton adalah kelompok binatang-binatang laut yang dapat berenang, contohnya ikan paus dan cumi-cumi. Meskipun dapat berenang dengan bebas, nekton tidak dapat hidup di setiap tempat di laut. Hal itu disebabkan oleh keadaan suhu, kepadatan air, dan kandungan garam yang berbeda-beda.

c. Bentos
Bentos adalah kelompok tumbuhan dan hewan yang hidup di dasar laut mulai dari tepi pantai hingga laut terdalam. Hewan yang termasuk dalam kelompok bentos dapat ditemukan di setiap tempat, tetapi tumbuhan yang termasuk dalam kelompok bentos hanya dapat dijumpai di daerah dasar laut yang masih terkena sinar Matahari. Hewan-hewan yang menghuni dasar laut antara lain keong, siput, bunga karang, kerang, dan bintang laut.

No comments:

Post a Comment