Tuesday, March 22, 2016

Manfaat Laut bagi Kehidupan

Luasnya lautan di permukaan bumi telah membangkitkan para ahli kelautan untuk berusaha menggali potensi yang terdapat di dalamnya agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia.
Melalui berbagai usaha para ahli telah menemukan beberapa manfaat laut bagi kehidupan di permukaan bumi, antara lain sebagai berikut.

a. Laut sebagai Prasarana Transportasi
Luasnya samudra bukanlah penghalang bagi hubungan antara satu wilayah dan wilayah lainnya. Dengan adanya samudra, manusia telah dapat menciptakan berbagai macam sarana transportasi laut yang berupa kapal untuk melakukan perjalanan.

b. Laut Merupakan Sumber Makanan
Di dalam laut terdapat banyak sumber makanan, contohnya ikan, rumput laut, kerang, dan cumi-cumi. Oleh karena itu, apabila sumber makanan di daratan mulai menipis, manusia akan lebih banyak memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil laut.

c. Pasang Surut Laut sebagai Pembangkit Tenaga Listrik
Laut mengalami pasang surut secara periodik. Di tempat tertentu perbedaan tinggi permukaan laut antara pasang dan surut cukup tinggi. Keadaan yang demikian dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Salah satu negara yang mengembangkan pembangkit listrik tenaga pasang surut adalah Prancis.

d. Sebagai Tempat Rekreasi dan Olah Raga
Laut merupakan salah satu tempat rekreasi dan olah raga. Setiap tahun jutaan orang pergi ke pantai untuk menikmati indahnya pemandangan laut, embusan angin, mandi di laut, dan berjemur di pantai-pantai berpasir. Bahkan ada yang berolah raga, seperti selancar dan bola voli pantai.

e. Sebagai Pengatur Iklim
Laut merupakan komponen penting yang berpengaruh terhadap perubahan iklim di dunia. Salah satu pengaruh lautan yang cukup dominan adalah dalam proses terjadinya hujan. Tanpa adanya lautan akan sedikit sekali uap air yang berada di atmosfer. Dengan adanya uap air itulah berbagai macam perubahan cuaca dapat dirasakan oleh manusia di bumi, antara lain panas, dingin, dan hujan.

Kita sudah mengetahui bahwa keberadaan laut sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk di permukaan bumi. Oleh karena itu, laut harus tetap dijaga kelestariannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian laut antara lain sebagai berikut.
a. Menjaga kelestarian sumber daya laut dengan memperhitungkan proses pengembangan alam.
b. Tidak membuang limbah industri ke lautan agar tidak mengganggu kelestarian sumber daya laut.
c. Mengadakan eksplorasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan di laut
d. Mengamankan dan menertibkan lalu lintas di laut untuk menghindari tumpahan muatan yang dapat menimbulkan polusi dan merusak lingkungan laut.

No comments:

Post a Comment