Tuesday, March 22, 2016

Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Coba kaIian sebutkan binatang yang berkembang biak secara bertelur! Ada ayam, ular, burung, kupu-kupu, nyamuk, katak, dan sebagainya. Pernahkah kamu melihat telur ayam atau telur ular menetas? Anak ayam dan anak ular yang menetas memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan induknya.

Bagaimana dengan kupu-kupu, nyamuk, dan katak? Anak kupu-kupu, nyamuk, dan katak memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan induknya. Anak kupu-kupu berupa seekor ulat, anak nyamuk berupa jentik-jentik, dan anak katak yang baru menetas berupa kecebong.

Anak kupu-kupu, nyamuk, dan katak akan memiliki bentuk yang sama dengan induknya setelah mengalami proses perubahan bentuk. Proses perubahan bentuk pada hewan tersebut dinamakan metamorfosis.

Dalam pertumbuhan hewan terdapat dua macam metamorfosis, yaitu rnetamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna pada serangga, seperti kupu-kupu, nyamuk, dan lalat selalu melalui tahap kepompong (pupa), sedangkan metamorfosis tidak sempurna, misalnya belalang dan capung, tidak melaiui tahap kepompong. Selain itu, pada metamorfosis sempurna bentuk hewan yang baru menetas jauh berbeda dengan induknya, sedangkan pada metamorfosis tidak sempurna bentuk hewan saat menetas mirip dengan induknya.

Daur Hidup Kupu-Kupu
Pernahkah kamu menemukan ulat berwarna hijau pada daun jeruk? Pernah pulakah kamu meiihat dua kupu-kupu beterbangan di sekitar pohon jeruk itu? Kupu-kupu yang satu berwarna hitam mengkilat, sedangkan kupu-kupu yang satunya berwarna hitam dan putih. Wujud, warna, dan makanan ulat itu sama sekali berbeda dengan kupu-kupu itu. Percayakah kamu, bahwa ulat tadi akan berubah menjadi kupu-kupu? Kamu baru mau percaya bila kamu melihat buktinya sendiri!

Kehidupan kupu-kupu dimulai dari telur, kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, akhirnya menjadi kupu-kupu. Selanjutnya kupu-kupu bertelur lagi. Tahapan-tahapan yang dilalui oleh makhluk hidup secara berkesinambungan di atas disebut daur hidup. Dalam daur hidup kupu-kupu terjadi perubahan-perubahan bentuk atau metamorfosis.

No comments:

Post a Comment