Monday, March 21, 2016

Saling Ketergantungan Antarmakhluk Hidup

Beberapa contoh ketergantungan antarmakhluk hidup adalah sebagai berikut.
1. Antara cacing tanah dan tumbuhan juga terjadi saling kerja sama. Cacing tanah membuat lubang atau liang di dalam tanah sehingga udara dapat masuk ke rongga-rongga tanah. Kotoran cacing pun akan menjadi humus yang diperlukan bagi tumbuhan. Sementara itu, cacing tanah memerlukan tumbuhan tersebut (daun-daun yang berjatuhan dan membusuk) sebagai makanannya.

2. Ada jenis burung tertentu yang biasa memangsa ulat di pohon. Burung ini membantu tumbuhan tersebut karena daunnya tidak menjadi santapan ulat. Populasi hewan pemangsa dan yang dimangsa harus seimbang. Jika populasi burung pemangsa berkurang, berarti ulat makin banyak dan daun tumbuhan akan menjadi mangsa ulat. Dengan demikian, secara tidak langsung tumbuhan bergantung pada burung pemangsa ulat.

3. Ada jenis hewan yang memangsa hewan lain. Peristiwa memangsa dan dimangsa ini justru akan menguntungkan tumbuhan. Contoh peristiwa tersebut adalah berikut ini.
Makanan tikus di sawah adalah padi. Makin banyak populasi tikus di sawah, maka makin banyak padi yang dimakan tikus. Akan tetapi, ada hewan yang biasa memangsa tikus yaitu ular sawah. Ular sawah dapat mengurangi hama tikus. Oleh karena itu, perlu diciptakan keseimbangan populasi antara tikus dan ular sawah. Makin banyak ular sawah, makin sedikit populasi tikus. Hal ini berarti makin berkurang hama padinya.

Selain ketergantungan manusia terhadap tumbuhan, berikut ini diberikan beberapa contoh ketergantungan manusia terhadap hewan.
1. Banyak petani yang menggunakan tenaga kerbau atau sapi untuk membajak tanah.
2. Pada zaman modern sekalipun, ketergantungan manusia kepada anjing masih kuat. Anjing tertentu dapat membantu manusia dalam melacak tindak kejahatan atau mencari korban akibat bencana alam. Selain itu, anjing juga digunakan untuk menjaga keamanan di rumah.
3. Orang Australia dan Selandia Baru memelihara domba untuk diambil bulunya sebagai bahan pembuatan kain wol.
4. Manusia mempunyai ketergantungan terhadap hewan dalam bidang komersial. Ada jenis hewan-hewan tertentu yang dapat dilatih melakukan tugas tertentu dengan tujuan akhir untuk dipertunjukkan kepada masyarakat sebagai hiburan, misalnya gajah, kuda, lumba-lumba. dan anjing laut.

No comments:

Post a Comment