Monday, March 21, 2016

Hubungan Khusus Antarmakhluk Hidup

Dari beberapa hubungan makhluk hidup, dikenal hubungan yang bersifat khas. Hubungan khas antarmakhluk hidup itu dikenal dengan istilah simbiosis. Simbiosis atau hubungan khas antarmakhluk hidup itu dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya simbiosis seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau mengalami keuntungan dengan habisnya kutu-kutu yang menempel di badannya karena dimakan oleh burung jalak, sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapat makanan untuk dirinya.

2. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme ialah hubungan dua makhluk hidup yang ditandai makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lainnya mengalami kerugian. Contohnya hubungan yang terjadi pada pohon jeruk dengan benalu. Benalu merasa untung karena mendapat makanan dari pohon jeruk, sedangkan pohon jeruk dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu tersebut.

3. Simbiosis Komensalisme
Adakalanya terjadi juga hubungan yang menguntungkan satu pihak, tetapi tidak menguntungkan atau merugikan pihak lain. Simbiosis seperti ini dinamakan simbiosis komensalisme.
Kamu tentu pernah mendengar nama ikan hiu, bukan? Simbiosis komensalisme jelas terlihat pada ikan hiu dan ikan-ikan remora. Ikan remora yang menempel pada tubuh ikan hiu turut menjelajahi penjuru laut ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan-lkan kecil itu menjadi aman dari ancaman ikan besar lain karena ikan besar takut pada ikan hiu.

Demikian artikel tentang hubungan khusus antarmakhluk hidup. Semoga memberi manfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment