Tuesday, March 22, 2016

Relief Dasar Laut

Seperti halnya permukaan daratan, permukaan dasar laut pun tidak rata. Bentuk-bentuk permukaan dasar laut dapat ditentukan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut.
a. Pendugaan dengan tali dan bandul. Metode ini tidak efisien karena memerlukan waktu yang sangat lama untuk menurunkan dan menaikkan bandul serta hanya dapat mencapai kedalaman sekitar 4.000 meter.

b. Menggunakan Echo Sounder. Metode ini bekerja dengan menggunakan pantulan gelombang suara. Gelombang suara dipancarkan dari atas kapal sampai di dasar laut, kemudian dipantulkan kembali dan ditangkap dengan menggunakan alat hidrofon. Di dalam air, gelombang suara itu mempunyai kecepatan 1.500 m/detik.

Hasil dari pengukuran dasar laut tersebut menunjukkan adanya berbagai bentukan, antara lain sebagai berikut.
a. Paparan benua (continental shelf)
Paparan benua merupakan dasar laut dangkal dengan kedalaman kurang dari 200 meter dari permukaan laut dan dengan kemiringan tidak lebih dari 1°. Paparan benua sebenarnya bagian dari benua yang tergenang air laut. Contohnya, Paparan Sunda yang terletak di antara Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra merupakan bagian dari Benua Asia, serta Paparan Sahul yang terletak di antara Australia dan Pulau Papua merupakan bagian dari Benua Australia.

b. Lereng benua (continental slope)
Lereng benua merupakan wilayah dasar laut yang terletak di tepi paparan benua dengan kemiringan lereng sekitar 5° dan dengan kedalaman antara 200 - 1800 meter di bawah permukaan laut.

c. Palung laut (trench)
Palung laut merupakan wilayah dasar laut yang sangat dalam, sempit, dan memanjang. Kedalaman palung laut mencapai ribuan meter. Contohnya, Palung Laut Mindanao mempunyai kedalaman 10.830 meter, Palung Laut Jawa mempunyai kedalaman 7.450 meter, dan Palung Laut Jepang mempunyai kedalaman 9.435 meter.

d. Lubuk laut (basin)
Lubuk laut merupakan wilayah dasar laut yang berupa cekungan dengan kedalaman sampai 2.000 meter di bawah permukaan laut. Penampang lubuk laut menyerupai huruf U. Contohnya, Basin Banda, Basin Sulu, dan Basin Sulawesi.

e. Punggung laut (ridge)
Punggung laut merupakan wilayah dasar laut yang berupa pegunungan. Contohnya, pegunungan di Samudra Hindia, yaitu di sebelah selatan Pulau Jawa memanjang sampai Nusa Tenggara Timur dan pegunungan di Samudra Atlantik yang memanjang dari utara ke selatan sekitar 23.000 km.

No comments:

Post a Comment