Monday, March 21, 2016

Pengertian artikel

Artikel termasuk karya tulis ilmiah populer. Disebut demikian karena artikel mempunyai nilai kebenaran yang dapat diakui secara keilmuan. Teknik penyajian dan penggunaan bahasanya sangat memasyarakat (populer) sehingga lebih mudah dipahami oleh semua pembaca dengan berbagai latar belakang pengetahuan dan pendidikannya.

Isi artikel dapat berupa pengetahuan umum, penemuan baru di bidang tertentu, laporan hasil penelitian, informasi tentang peristiwa, atau pembahasan terhadap isu yang sedang beredar di masyarakat.

Materi yang paling menarik disajikan di media massa adalah pembahasan terhadap isu. Isu di surat kabar diartikan sebagai permasalahan atau peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan umum di masyarakat terutama yang berhubungan dengan kepentingan umum. Media massa mengemban tugas sebagai penengah. Ia mampu menampung beberapa pendapat berbeda atau bertentangan untuk disimpulkan sesuai dengan fakta yang sebenarnya dilengkapi dengan contoh, bukti, atau ilustrasi sehingga masyarakat menerima kebenaran tersebut.

Terhadap isu yang disajikan media massa, kita boleh memberikan tanggapan dalam bentuk dukungan atau kritikan. Dukungan disampaikan untuk memperkuat alasan, menambah ilustrasi, atau membuktikan lebih lanjut fakta pertama. Kritik disampaikan apabila kita mempunyai pendapat berbeda atau bertentangan. Dukungan dan kritikan selalu berjalan bersama dalam rangka memunculkan kebenaran baru yang lebih teruji. Dukungan atau kritikan yang baik hendaknya memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.
a. strukturnya lengkap dan runtut; berupa pendahuluan, isi, dan penutup sehingga menunjukkan pola berpikir logis;
b. terarah pada sasaran yang diinginkan sehingga pembaca tidak terganggu gagasan lain yang sifatnya hanya menambah ilustrasi;
c. menggunakan kosakata sederhana dengan meminimalkan penggunaan istilah khusus bidang keilmuan agar semua pembaca mampu memahami isi pembahasan, kalau tetap menggunakan istilah khusus hendaknya dilengkapi dengan penjelasan;
d. menggunakan kalimat efektif, yaitu lengkap, logis, singkat, dan benar;
e. selalu dilengkapi bukti pendukung berupa: gambar, tabel, grafik, atau data statistik.

No comments:

Post a Comment