Monday, March 21, 2016

Membaca sekilas (skimming)

Informasi-informasi penting berupa garis besar isi wacana dapat diperoleh dengan cepat melalui kegiatan membaca sekilas (skimming). Kegiatan membaca yang sering disebut membaca memindai ini mampu melatih gerak mata kita untuk melihat, memerhatikan, dan menemukan informasi bahan bacaan dalam waktu singkat.

Tujuan Membaca Sekilas
Tujuan utama kegiatan membaca sekilas adalah sebagai berikut.
1) Memperoleh kesan umum terhadap buku, artikel, atau tulisan singkat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a) Meneliti halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan indeks buku. Dilanjutkan dengan membuka halaman dengan cepat, melihat bab dan subbab, gambar, peta, dan diagram sehingga ditemukan organisasi buku atau sikap umum penulis serta pendekatan penulis terhadap bahan/subjek pembicaraan.
b) Kalau bacaan berupa artikel, kita baca dulu paragraf awal dan akhir karena keduanya menyatakan pokok masalah artikel, sikap penulis, serta pandangan umum penulis terhadap pokok masalah. Selanjutnya, kita teliti kalimat judul dan petunjuk-petunjuk lain mengenai hal penting yang sedang dibahas.

2) Menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh pembaca setiap saat dalam mencari dan menemukan data. Langkah yang paling tepat dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Tentukan dengan jelas masalah yang hendak ditemukan dan sediakan pertanyaan untuk permasalahan tersebut.
b. Ingatlah selalu kata kunci pertanyaan tersebut untuk ditemukan jawabannya di dalam buku.
c. Temukan dulu informasi dalam indeks, kalau tidak ada carilah di bawah subjek yang lebih luas.
d. Lihat setiap halaman dengan cepat sampai kamu temukan detail informasi yang kamu cari.

Kegiatan membaca sekilas ternyata sangat bermanfaat. Kegiatan membaca ini melatih keaktifan dan kecermatan pembaca untuk mengetahui apa yang dicari dan menghubungkan apa yang dicari tersebut dengan apa yang telah diketahui sebelumnya. Sehingga, akan terbentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap masalah.

No comments:

Post a Comment