Thursday, March 24, 2016

Pengertian indeks harga

Anda tentunya pernah mendengar atau melihat berita-berita ekonomi, seperti dalam pasar modal kita sering mendengar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dalam perdagangan dikenal istilah Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB), dan dalam pengukuran laju inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK). Indeks Harga adalah angka yang diharapkan dapat dipakai untuk menunjukkan perubahan mengenai harga-harga, baik harga untuk semacam maupun beberapa macam barang dalam waktu dan tempat yang sama atau berlainan.

lndeks harga sangat dibutuhkan oleh beberapa pihak, baik perusahaan, pemerintah, maupun akademisi sehingga indeks harga memilki peranan yang sangat penting dalam perekonomian, seperti sebagai petunjuk kondisi perekonomian sccara umum atau digunakan sebagai pedoman bagi pembelian barang.

Ada beberapa cara atau metode yang digunakan dalam perhitungan indeks harga, yaitu sebagai berikut.
a. Cara Sederhana
Metode perhitungan indeks harga dengan cara sederhana diperoleh dengan cara menjumlahkan harga barang dan jasa setiap tahun dibagi dengan harga pada tahun dasar dikalikan 100.

b. Cara Tertimbang
Pada perhitungan cara tertimbang ada dua metode yang dikenal, yaitu metode Laspeyres dan metode Paasche.

1) Metode Laspeyres
Perhitungan metode Laspeyres diperoleh dengan cara menjumlahkan harga barang dan jasa setelah dikalikan dengan kuantitasnya setiap tahun dan dibagi dengan harga barang dikali kuantitasnya pada tahun dasar kemudian rasionya dikali 100%.

2) Metode Paasche
Perhitungan metode Pasche diperoleh dengan menggunakan faktor penimbang kuantitas barang pada tahun yang dihitung pada angka indeksnya.

No comments:

Post a Comment